Ini Dia Orang Yang Pertama Kali Menemukan Gagasan "Industrial Revolution 4.0"

Siapa yang tidak tahu Revolusi Industri keempat. Pemahaman tentang revolusi industri keempat ini sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Tapi apakah kamu sudah tahu asal usul gagasan "Industrial Revolution 4.0".



Industrial Revolution Four.Zero  pertama kali dikenalkan oleh seorang yang bernama Klaus Schwab. Nah, siapakah Klaus Schwab ? Mari kita kenali lebih dekat.



Klaus Schwab 


Profesor Klaus Schwab lahir di Ravensburg, Jerman pada tahun 1938. Dia adalah Pendiri dan Ketua Eksekutif Forum Ekonomi Dunia, Organisasi Internasional untuk Kerjasama Publik-Swasta.

Klaus membuat Forum  itu tahun 1971, tahun yang sama dia mendirikan  Moderne Unternehmensführung im Maschinenbau atau Manajemen Perusahaan Modern dalam Teknik Mesin. Dalam buku itu, ia berpendapat bahwa manajemen perusahaan modern harus melayani tidak hanya pemegang saham tetapi semua pemangku kepentingan (die Interessenten), untuk mencapai pertumbuhan dan kemakmuran jangka panjang. Schwab telah memperjuangkan konsep multistakeholder sejak awal Forum, dan telah menjadi platform utama dunia untuk kerja sama publik dan swasta. Di bawah kepemimpinannya, Forum telah menjadi pendorong bagi upaya rekonsiliasi di berbagai belahan dunia, bertindak sebagai katalisator berbagai kolaborasi dan inisiatif internasional. (Lihat halaman riwayat untuk informasi lebih lanjut).

Pada tahun 1998, bersama istrinya Hilde, ia menciptakan Yayasan Schwab untuk Kewirausahaan Sosial, yang berupaya mengidentifikasi, mengenali, dan menyebarluaskan inisiatif dalam kewirausahaan sosial yang telah secara signifikan meningkatkan kehidupan masyarakat dan memiliki potensi untuk direplikasi dalam skala global. Yayasan ini mendukung jaringan lebih dari 350 pengusaha sosial di seluruh dunia.

Pada tahun 2004, dengan kontribusi keuangan yang diterima sebagai bagian dari Dan David Prize, ia mendirikan sebuah yayasan baru: Forum Young Global Leaders (untuk para pemimpin di bawah 40). Tujuh tahun kemudian, pada 2011, ia menciptakan Komunitas Pembentuk Global (untuk calon pemimpin antara usia 20 dan 30). Tujuan kedua yayasan ini adalah untuk mengintegrasikan kaum muda sebagai suara yang kuat untuk masa depan ke dalam proses pengambilan keputusan global dan untuk mendorong keterlibatan mereka dalam proyek-proyek konkret yang mengatasi masalah sosial.

Schwab telah mendorong pembentukan komunitas yang menyediakan keahlian dan pengetahuan global untuk pemecahan masalah. Diantaranya adalah Jaringan Global Future Council, jaringan pengetahuan interdisipliner terdepan di dunia yang didedikasikan untuk mempromosikan pemikiran inovatif di masa depan

Forum ini mempekerjakan lebih dari 700 orang, dengan kantor pusat di Jenewa, Swiss, dan kantor tambahan di New York, San Francisco, Beijing dan Tokyo.

Seorang insinyur dan ahli ekonomi melalui pelatihan, Profesor Klaus Schwab menyandang gelar doktor dalam bidang Ekonomi (summa cum laude) dari Universitas Fribourg, dalam bidang Teknik dari Institut Teknologi Federal Swiss, dan Magister Administrasi Publik dari Sekolah Pemerintahan Kennedy di Universitas Harvard di Universitas Harvard. . Pada tahun 1972 ia menjadi salah satu profesor termuda di fakultas Universitas Jenewa. Dia telah menerima banyak penghargaan internasional dan nasional.

Buku-buku terbarunya adalah Revolusi Industri Keempat (2016), buku terlaris di seluruh dunia diterjemahkan ke dalam 30 bahasa, dan Shaping the Fourth Industrial Revolution (2018).

Selama karirnya yang luas, Schwab telah menerima banyak penghargaan. Dia memegang 17 gelar doktor kehormatan, dan medali kehormatan nasional, termasuk Grand Cordon dari Orde Matahari Terbit Jepang, Salib Besar dengan Bintang Orde Nasional Jerman dan Ksatria Légion d'Honneur dari Perancis. Dia juga dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II - Komandan Knight Ordo Saint Michael dan Saint George (KCMG).
Di luar pekerjaannya, ia memiliki beragam minat akademik, budaya, dan layanan publik. Dia adalah perenang reguler, pejalan kaki gunung, dan peserta yang antusias dalam Engadin Ski Marathon. Klaus dan Hilde menikah pada tahun 1971. Mereka memiliki dua anak dan dua cucu.

Profesor Klaus Schwab, Pendiri dan Ketua Eksekutif Forum Ekonomi Dunia, telah menjadi pusat urusan global selama lebih dari empat dekade. Dia yakin bahwa kita berada di awal revolusi yang secara mendasar mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berhubungan satu sama lain, yang dia eksplorasi dalam buku barunya, The Fourth Industrial Revolution.

Nah itu tadi dia profil sang penemu gagasan "Industrial Revolution 4.0" Klaus Schwab yang terkenal sebagai pendiri World Economic Forum.

Back link UNY :
http://uny.ac.id http://journal.uny.ac.id http://library.uny.ac.id

Comments